MODIFIKASI PERMAINAN

Selasa, 07 April 2015


Permainan Target Tendang Aku”
Permainan yang saya akan buat adalah permainan yang menggunakan bola,keranjang,atau holahop.permainan ini dimainkan secara berkelompok. Setiap anggota berjumlah 5 orang.
Alat :   bola sepakbola
            Holahop 1 buah
            Cone
Cara bermainnya :
-          Holahop dipasang mengangtung dengan di ikat tali disetiap sisinya pada ranting bamboo atau apasaja yang dapat digunakan untuk mengikatnya, agar tidak goyang dan tidak memutar-mutar. Tinggi memasang holahopnya setinggi orang jongkok.
-          Bola yang digunakan adalah bola sepak bola.
-          Jarak yang di gunakan sekitar 10 meter dan boleh melakukan siap-siap, yang penting jarak dari orang coba ke target 10 meter. Diberi tanda dengan cone.
-          Bola yang digunakan diletakan pada titik 0 meter yang sudah diberi tanda. Seperti pada tendangan pinalti. Namun menendang bolannya harus masuk dalam target holahop tersebut.
-          Jadi setiap anak menendang bola secara bergantian. Sampai semua orang menendang bola. Dan dilakukan secara berulang-ulang secara bergantian.
-          Permainan ini dilakukan selama 10 menit.
-          Dihitung berapa banyak setiap kelompok memasukan bola dalam holahop.
-          Jadi permainan dikatakan ada yang menang jika dalam 10 menit, satu regu ada yang memasukan bola terbanyak dalam holahop.




Permainan Striking Fielding Pukul Katak
Permainan memodifikasi dari permainan kasti, namun ada tambahan tambahan sedikit, sehingga permainan ini lebih seru dan dapat melatih ketepatan, kekuatan, dan kecepatan.
Alat :   kayu sebagai alat pukul
Lembing 3 buah sebagai tempat pos
Bola tenis atau bola kasti
Holahop 1 buah yang sudah dibuat dengan penyangganya
Cara bermain :
1.      Jumlah pemain disini lebih banyak lebih ramai, biasanya setiap regu minimal 5 orang.
2.      Regu dibagi menjadi 2, ada yang jaga dan ada yang main.
3.      Setiap regu yang main harus mengerti peraturannya, yaitu pemukul jika ingin aman dan tidak mati harus pukulannya masuk melewati holahop, dan jika berhasil melewati holahop yang jaga tidak boleh mematikan, berarti pemukul bisa mendapatkan point dan cara larinya setiap anak yang setelah memukul harus menuju ke pos dengan cara lari katak atau melompat, tidak diperbolehkan lari langsung.
4.      Jika pemukul bolanya tidak masuk ke dalam holahop, pemukul bisa dimatikan dengan cara bola dilempar harus mengenai pemukul.
5.      Dan jika dikatakan sudah aman dipos. Pemukul harus memegangi lembing sebagai tempat pos dan dengan posisi harus jongkok.
6.      Dan begitu seterusnya jika di pos ke dua dan ketiga.
7.      Dapat mendapatkan nilai atau skor apabila pemukul harus melewati tiap tiap pos, dari pos 1 sampai pos 3 dan kembali lagi ke home. 

“Permainan Invasi Bola Basket Jump The Carton Box”
Permainan invasi yang akan dilakukan adalah permainan pada bolabasket. Permainan ini menggunakan lapangan penuh. Permainan ini hampir sama dengan permainan bola basket hanya saja berbeda jumlah pemainnya dan cara bermainnya.
Alat :   bola basket
            Kardus sebagai pengganti ring
            Cone 4 buah
            Kapur untuk memberi batas
            Rompi 4 buah
Cara bermain :
1.      Setiap regu berjumlah 3 orang
2.      Kardus digunakan sebagai pengganti ring jadi setiap pemain harus memasukan bola kedalam kardus.
3.      Cone dipasang pada depan kardus dengan jarak sekitar 5 meter. Dengan diberi garis lurus dengan kapur.
4.      Pemain harus bermain seperti permainan bola basket namun hanya dengan 3 pemain.
5.      Permainan ini dinilai dari berapa banyak memasukan bola pada kardus.
6.      Melempar bolanya harus berada pada belakang garis, jika berada didepan garis tidak dinyatakan masuk.
7.      Namun permainan ini hanya boleh dilempar saja bolanya tidak boleh di drible. Jika ada yang di drible bola yang dia bawa harus dberikan pada lawan.

“Permainan Net Voly Terpal”
Permainan ini seperti bola voli namun ada aturan aturan yang diganti, misalnya tidak boleh menggunakan tangan, bias diganti dengan menggunakan kepala dan kaki, selain itu net nya diganti dengan terpal / tenda sehingga bola tidak keliatan lawan.. Dan setiap pemainya harus menggunakan sarung. Disini dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dan kesiapan menerima bola.
Alat : Bola voli  diganti menggunakan bola plastik
          Terpal / tenda
Cara bermain :
1.      Dibutuhkan 10 orang, lalu dibagi menjadi dua kelompok. Jadi satu tim terdiri 5 orang
2.      permainan boleh menggunakan bagian tubuh apa saja kecuali tangan, namun jika sedang melakukan service boleh menggunakan tangan.
3.      Didalam area permainan sendiri hanya diperbolehkan 3 kali sentuhan seperti permainan voli
4.      Dinyatakan mati ketika bola keluar lapangan, jatuh diarea permainan sendiri, menggunakan tangan tanpa sengaja atau gagal melewati net
5.      Permainan ini menggunakan 2 set permainan. Dengan game skor 25, jika seri ditambah 1 set permainan lagi.

0 comments:

Posting Komentar